Manfaat Mengkonsumsi Pete Bagi Kesehatan

Pete atau petai adalah salah satu sayuran yang paling di gemari masyarakat indonesia. Biasanya pete di konsumsi langsung sebagai lalapan atau di masak dengan sambal pedas dan juga bisa di kombinasi dengan berbagai bahan lainnya seperti tumis tempe di campur pete atau nasi goreng pete. Tapi, ternyata pete banyak manfaatnya bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya yuk simak berikut ini :

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pete mempunyai kandungan kadar kalium yang sangat tinggi dengan rendah garam atau natrium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bukan hanya itu saja, hasil penelitian dari Badan Pangan dan Obat mengatakan bahwa pete bermanfaat untuk menghindari serangan penyakit stroke.

  • Sebagai Anti-Kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa petai mempunyai kandungan flavonoid, polyphenol, dan phystosterol yang bermanfaat sebagai antioksidan dengan kadar yang cukup tinggi di tambah dengan kandungan asam thiazolidine-4-carboxylic yang bermanfaat untuk sebagai anti-kanker.

  • Mengobati Sembelit

Manfaat lain dari pete adalah membantu normalkan kembali sistem pencernaan yang terganggu sehingga sembelit atau susah buang air besar dapat teratasi dikarenakan petai memiliki kandungan serat yang tinggi. Jadi jika kamu sedang mengalami sembelit atau susah BAB, maka tidak perlu lagi mengkonsumsi obat pencahar.

  • Mengatasi Depresi

Menurut survei dari MIND bahwa pasien penderita depresi setelah mengkonsumsi pete merasa lebih baik. Hal ini dapat terjadi karena pete mempunyai kandungan triptofan sejenis protein yang diubah menjadi serotonin oleh tubuh yang membuat menjadi rileks dan memperbaiki mood.

  • Membantu Mengatasi Mabuk

Mengkonsumsi milkshake petai yang di tambahkan dengan madu dapat mengatasi mabuk dengan cepat karena dapat menenangkan perut, meningkatkan kadar gula darah yang turun, dan memperbaiki kembali kadar cairan dalam tubuh.

  • Membantu Melawan Bakteri

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak biji pete dapat membantu mengatasi bakteri yang jahat karena dalam ekstrak biji pete mengandung trithiolane dan hexathionine sebagai antibakteri.

  • Mengatasi Stres

Pete mempunyai kandungan kalium yang penting untuk membantu menormalkan detak jantung yang mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan. Jadi saat kamu sedang stres, kecepatan metabolisme meningkat sehingga mengurangi kadar kalium dalam tubuh, maka dari itu konsumsilah pete untuk menyeimbangkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *