Goa Jomblang – Goa Dengan Cahaya Surga Di Yogyakarta

Goa Jomblang - Goa Dengan Cahaya Surga Di Yogyakarta

Bagi pecinta alam terbuka, kalian perlu mendatangi gua yang ada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Yogyakarta, Goa Jomblang namanya. Goa ini menjadi tempat destinasi wisata alam yang sangat disukai oleh para turis.

Goa ini memiliki kedalaman 60 meter. Goa ini berjarak 50 km dari kota Yogyakarta. Sesampainya di tempat ini, pengunjung masih harus melewati jalur bebatuan sejauh 500m. Sebelum masuk ke goa Jomblang, pengunjung bisa terlebih dahulu beristirahat di rumah kecil yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Seorang pemandu menunjukkan pohon yang hanya tumbuh di dasar Goa Jomblang, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Ketika ingin masuk kedalam goa ini, pengunjung akan diberikan helm untuk menjaga keamanan kepala agar tidak terbentur dinding goa, pasalnya pengunjung diharuskan turun menggunakan tali. Pihak pengelola sudah menyiapkan beberapa petugas untuk membantu menarik dan mengulurkan tali ke bawah agar pengunjung bisa sampai ke dasar goa.

Ketika sampai di dasar goa, pengunjung bisa memasuki jalur menuju luweng Grubug. Di tempat ini para pengunjung akan disuguhi pemandangan yang luas, tetapi jika kalian berkunjung di musim penghujan, kalian harus berhati-hati saat melangkah karena jalur yang ditempuh licin karena lumut.

Pintu masuk sebelum menuju luweng Grubug, di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Di dalam Grubug ini, kalian akan menemukan sebuah lubang di bagian atas gua, lubang tersebut disebut sebagai “sinar surga”. Pasalnya sinar matahari akan menyinari satu bagian goa sehingga tercipta pemandangan yang sangat fenomenal !.

Untuk dapat masuk ke goa ini, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar 140.000 rupiah. Harga yang cukup terjangkau untuk melihat keindahan goa beserta stalakmit yang ada didalamnya. Tertarik untuk datang ke tempat ini ?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *