Danau Kelimutu, Danau Dengan Tiga Warna Yang Unik Di NTT

Danau Kelimutu, Danau Dengan Tiga Warna Yang Unik Di NTT

Siapa yang tidak tahu tentang Gunung Kelimutu. Gunung ini cukup terkenal di kalangan pendaki maupun wisatawan. Gunung ini terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Nama Kelimutu diambil dari kata Keli yang berarti gunung dan Mutu yang berarti mendidih. Gunung ini memiliki ketinggial 1.639 mdpl dan menjadi gunung yang sangat digemari karena memiliki landscape alam yang begitu indah.

kelimutu lake

Namun ada satu hal yang membuat Gunung Kelimutu menjadi begitu menarik, yakni Danau Tiga Warna yang memiliki keindahan yang begitu mempesona, Kawah tersebut tercopta akibat erupsi dan letusan dari Gunung Kelimutu. Ketiga danau tersebut memiliki warna yang berbeda, yakni warna putih, biru dan juga merah. Ketiga warna yang berbeda inilah yang menjadi daya tarik dari Danau Tiga Warna. Setiap tahunnya, pengunjung yang datang untuk melihat kawah ini semakin bertambah.

Banyak ilmuwan yang datang untuk meneliti fenomena perbedaan warna tersebut. Ada yang mengatakan bahwa perbedaan warna tersebut terjadi karena adanya aktivitas gunung sehingga gas dan zat yang ada didalam danau menjadi tidak stabil dan mengeluarkan warna yang berbeda. Ada juga yang mengatakan bahwa warna tersebut merupakan pantulan dari sinar matahari sehingga merefleksikan beberapa warna yang berbeda.

Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

Sebagai tambahan informasi, Gunung Kelimutu pertama kali ditemukan oleh Van Such Telenyang yang merupakan warga negara Belanda pada tahun 1915 silam. Namun gunung ini semakin dikenal publik setelah Y. Bouman yang mengungkapkan keindahan Gunung Kelimutu melalui tulisannya di tahun 1929 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *