Fakta Yang Harus Diketahui Tentang Serangan Jantung Mendadak

Kabar duka dari Ashraf Sinclair suami Aktis Bunga Citra Lestari yang telah tutup usia pada Selasa (18/2) kemarin. Ashraf Sinclair meninggal dikarenakan serangan jantung di usia nya 40 tahun.

Serangan jantung merupakan penyakit yang tidak menular tetapi bisa datang kapan saja diwaktu yang tidak bisa kita ketahui. Serangan jantung tidak ada gejala dan penyebabnya tidak diketahui secara pasti.

Untuk memastikan ini beberapa fakta yang harus diketahui tentang serangan jantung.

1. Apa yang dimaksud dengan serangan jantung?
Serangan jantung adalah keadaan yanh diakibatkan aliran darah yang mengangkut oksigen ke otot jantung secara mendadak menjadi tersumbat. Kalau tidak cepat ditangani. maka akan berakibatkan serangan jantung mendadak dan bisa fatal sampai kematian mendadak.

2. Tanda serangan jantung
– Munculnya rasa gelisah dan dada terasa sesak yang belangsung beberapa menit saja.
– Rasa tidak nyaman pada lengan, perut, leher, rahang dan punggung.
– Napas tiba-tiba menjadi pendek
– Muncul keringat dingin , mual dan tiba-tiba menjadi pusing.

3. Bisa terjadi di pagi hari
Serangan jantung bisa terjadi kapan saja dan pada waktu yang tertentu. di pagi hari risiko terkena serangan jantung lebih tinggi.

4. Komplikasi dari serangan jantung
Serangan jantung bisa terjadi komplikasi. Terdapat beberapa komplikasi yang mungkin akan terjadi yaitu gagal jantung, libido, angina dan kehilangan fungsi ereksi.

5. Penanganan saat terjadinya serangan jantung
Pada saat ada yang mengalami serangan jantung, hal yang harus dilakukan yaitu membawa nya ke rumah sakit terdekat. Semakin cepat ditangani, maka untuk kemungkinan hidup mungkin akan tertolongkan.

Pada seseorang yang mengalami serangan jantung, maka seseorang akan mendadak kehilangan napas. Jika seseorang yang sedang mengalami seramham jantung hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) yang merupakan pemberian napas buatan dari seseorang untuk menolong orang yang mengalami detak jantung lemah atau kehilangan napas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *