Tips Melancarkan BAB ketika Traveling

Akhir tahun merupakan waktu yang cocok untuk pergi travelling karena terdapat hari libur hingga awal tahun. Tujuan travelling biasanya untuk meredakan stress dan kepenatan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita bisa rileks. Namun, satu hal yang ingin dihindari ketika travelling adalah tidak lancarnya BAB, kenapa begitu ? Karena ketika kita mengalami gangguan dalam pencernaan / sembelit maka perut akan terasa tidak enak, merasa penuh dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentu membuat masa travelling anda menjadi kurang mengenakkan, karena kenikmatan ketika kuliner akan berkurang. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berpergian agar BAB tetap lancar, yaitu :

  • Konsumsi Makanan Berserat

Salah satu penyebab kurang lancarnya BAB adalah kurangnya serat dalam tubuh. Sehingga, sebaiknya cukupkan makanan berserat yang dikonsumsi selama berpergian. Makanan berserat mudah dijumpai seperti apel, pisang, melon dan lain sebagainya.

  • Obat Pencahar

Obat pencahar merupakan tablet yang sangat praktis dan mudah untuk dibawa kemanapun. Obat pencahar berfungsi untuk melunakkan feses dan juga membantu usus agar lebih aktif. Penggunaan obat pencahar harus sesuai dengan dosis dan saran dokter.

  • Minum Air yang Banyak

Ketika travelling kita pasti meminimalisir minum air karena takut akan beser yang berakibat sering ke WC untuk buang air kecil. Namun, dengan meminum banyak air dapat membantu melunakkan feses yang nantinya akan mempermudah BAB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *