Jangan Makan Beberapa Makanan Ini Berlebihan, Dapat Merusak Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting buat tubuh. Ginjal berguna untuk mencerna dan mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh. Makanya, ginjal adalah organ vital yang harus kalian jaga kesehatannya.

Tetapi, pada kenyataannya, masih sangat banyak yang tidak memperdulikan kesehatan pada ginjalnya. Salah satunya merupakan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengganggu kinerja ginjal secara berlebihan. Dan apa saja makanan-makanan yang dapat mengganggu ginjal…?

A. Jus Jeruk

Meski mempunyai kalori yang sangat sedikit dan mempunyai banyak vitamin C, Tetapi jus jeruk mempunyai kalium yang sangat tinggi. Kalium yang sangat tinggi dapat menekan kinerja pada ginjal sehingga ginjal akan rusak jika kalian konsumsi makanan-makanan yang tidak kalian perhatikan.

Batasi untuk minum jus jeruk yang berlebihan merupakan salah satu cara untuk pencegahan. Apalagi jika kalian sudah mempunyai penyakit ginjal, jangan kalian coba-coba buat meminum jus jeruk ini secara berlebihan.

B. Roti Gandum

Roti gandum pada awalnya sangatlah bergizi dan juga sehat. Tetapi, jika kalian mengkonsumsi roti gandum terus-menerus dalam jumlah yang sangat besar atau berlebihan dapat membawa masalah pada ginjal kalian, apabila kalian mempunyai riwayat penyakit ginjal, dapat menjadi lebih parah jika penyakit ginjal kembali menyerang lagi.

Hal ini dikarenakan roti gandum mempunyai jumlah fosfor dan kalium yang sangat tinggi. Dari penjelasan sebelumnya, kalian tahu’kan apa saja efek yang dapat ditimbulkan jika mengkonsumsi fosfor dan kalium terlalu banyak.

C. Buah Pisang


Mengkonsumsi pisang secara berlebihan juga dapat berakibat tidak baik untuk kesehatan ginjal. Pisang mempunyai kandungan kalium yang sangat tinggi. Dan hal seperti ini dapat membuat kinerja ginjal kalian lebih berat buat menghilangkan kelebihan kalium yang telah terjadi. Oleh karena itu, jaga pola makan itu sangat lah perlu.

Orang dewasa yang sehat telah menganjurkan mendapat asupan kalium 3.600-4.600mg setiap harinya. Didalam 145g pisang juga sudah memiliki kandungan 545mg kalium. Tinggal kalian hitung saja berapa banyak pisang yang harus kalian makan dalam sehari. Dan jangan berlebihan..!!!

Intinya, makanan-makanan yang ada di atas masih dapat kalian konsumsi. Tetapi, dengan batasan yang wajar. Jika kalian berlebihan mengonsumsi makanan yang di atas maka akan membawa efek yang butuk untuk kesehatan ginjal kalian. Salam Hidup Sehat….!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *