Hal-Hal Unik Yang Bisa Ditemukan Di Danau Kelimutu Flores

Hal-Hal Unik Yang Bisa Ditemukan Di Danau Kelimutu Flores

Danau Kelimutu atau lebih akrab dipanggil Danau Tiga Warna merupakan danau indah di Flores yang pernah muncul di uang kertas pecahan 5.000 dulu. Keindahan Danau Kelimutu sangat menakjubkan dan memanjakan mata setiap orang yang datang.

Banyak spot indah yang dapat kalian temukan saat mendatangi Danau Kelimutu, salah satunya adalah rindangnya pohon kemiri. Hutan pohon kemiri akan menyambut kalian saat kalian sampai di area parkir Danau Kelimutu. Pohon kemiri yang ada disin memiliki ketinggian mencapai rumah dua tingkat dengan daun yang lebat. Tentunya dengan daun lebat membuat kawasan ini terasa asri dan rindang.

Keunikan lainnya yang bisa kalian lihat adalah kehadiran monyet di tebing bebatuan yang curam. Monyet-monyet ini dapat kalian lihat dari kejauhan dan terlihat seperti penunggu dari tebing curam yang ada di Danau Kelimutu. Monyet-monyet tersebut datang dari pepohonan yang ada disekitarnya. Pemandangan unik ini hanya bisa kalian lihat disini, unik bukan ?

Selain dua hal tadi, tentunya yang menjadi poin utama kalian mengunjungi Danau Kelimutu adalah “danau” itu sendiri. Disini kalian bisa melihat Danau yang diberi nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan juga Tiwu Ata Polo.

Tiwu Ata Polo merupakan danau yang berada di kanan ketika posisi tubuh kita menghadap kebawah. Warnanya hitam pekat, sedangkan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai berwarna hijau tosca. Perbedaan ini sangat kontras sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Setelah puas melihat keindahan dua danau tadi, kalian harus mempersiapkan tenaga karena kalian harus mendaki ratusan anak tangga untuk dapat sampai ke puncak Kelimutu. Di puncak Kelimutu, kalian bisa melihat Tiwu Ata Mbupu. Danau ini merupakan danau ketiga yang ada disini. Warna danau ini adalah tosca bening dan letaknya sedikit berjauhan dari dua danau tadi. Menurut kepercayaan penduduk sekitar, danau ini merupakan tempat berkumpulnya para arwah dari orang yang meninggal.

Setelah lelah mendaki, kalian bisa beristirahat di Tugu Pelepas Lelah. Tugu ini memang sengaja dibangun sebagai tempat beristirahat dan berfoto bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini. Menikmati kopi hangat sembari melihat keindahan Danau Kelimutu tentunya menjadi kombinasi sempurna untuk melepas penat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *