Lumbini Park - Tempat Kelahiran Siddharta Gautama di Nepal

Lumbini Park – Tempat Kelahiran Siddharta Gautama di Nepal

Sudah tahu tentang taman Lumbini ? Taman ini terletak di Nepal sekitar 22 km dari Bhairahawa dari Nepal atau 25 km sebelah timur kota Kapilavastu di kaki bukit Himalaya. Taman ini merupakan tempat kelahiran Siddharta Gautama. Menurut cerita yang ada, tempat ini merupakan tempat lahirnya sang pendiri ajaran Buddha. Tempat ini menjadi tempat yang sangat penting di Nepal disebabkan banyaknya harta karun arkeologis yang tersimpan ditempat ini.

Menurut legenda, Maya Devi, ibu dari Siddharta Gautama sedang mengunjungi rumah ibunya di Taman Lumbini. Ketika ia tiba, ia sangat terpesona dengan pohon Sal yang begitu indah. Akhirnya Maya Devi melahirkan dibawah pohon Sal tersebut sambil memegang akar pohon Sal.

Hasil gambar untuk taman lumbini nepal

Tempat ini menjadi situs warisan dunia UNESCO dan dijadikan program warisan dunia internasional. Tempat ini merupakan tempat yang sakral, jadi ketika kalian datang ke taman ini, kalian tidak akan menemukan hal lainnya, kalian hanya bisa melihat bangunan vhara berbasis Theravada untuk zona timur dan vihara dengan tradisi Mahayana dan Vajrayana di daerah Barat.

Ketika datang ke tempat ini kalian bisa menemukan tempat Buddha Gautama dilahirkan, Kolam dan pohon Bodhi, Kolam Mandi Kuno, Pohon Suci Bodhi, Pilar Asoka serta Api Perdamaian Abadi. Banyak wisatawan yang datang berziarah ke tempat ini, mulai dari pagi hari hingga sore hari. Sebagai warisan budaya, sudah sepatutnya tempat ini harus dijaga kelestariannya. Jangan sampai kita datang lalu merusak tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *