Tragedi Kapal Tenggelam Di Danau Toba Sumatera Utara

Tragedi Kapal Tenggelam Di Danau Toba Sumatera Utara

Seperti yang kita tahu, Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba sempat menjadi trending topic di berbagai media. Pada peristiwa naas tersebut, ada lebih dari 70 penumpang diketahui tenggelam di antara Samosir dan Simalungun. Sebenarnya kejadian kapal tenggelam di danau Toba tidak hanya terjadi kali ini saja, sebelumnya juga sudah pernah terjadi, berikut ini tragedi kapal tenggelam yang terjadi di Danau Toba.

Pada tahun 2013 silam dimana sedang ada perayaan Pesta Danau Toba, ada kecelakaan yang terjadi antara kapal Ferry Toa Toba I dengan kapal motor di tengah Danau Toba. Kejadian mengerikan ini terjadi pada bulan September tahun 2013. Pada kejadian itu, ada 85 penumpang yang terlibat dalam kejadian dimana empat orang dikabarkan hilang sedangkan 81 penumpang selamat.

Jika melihat dari semua kejadian yang pernah terjadi, mungkin kejadian di tahun 1997 menjadi kejadian yang paling mengerikan. Kapal Motor Pedatari tenggelam serta mengakibatkan puluhan nyawa melayang. Kejadian ini terjadi akibat kelebihan muatan sehingga kapal tidak bisa menahan berat beban yang ada diatas.

Kejadian ketiga adalah kapal boat dan kapal kayu yang bertabrakan di tahun 2016 silam. Kejadian ini terjadi di bulan Mei 2016 silam dimana dua penumpang sekarat serta puluhan penumpang lainnya mengalami luka ringan. Untungnya dalam kejadian ini tidak terdapat korban jiwa.

Itu dia beberapa kejadian kecelakaan yang pernah terjadi di Danau Toba. Semoga kedepannya pemerintah setempat dapat lebih fokus menangani masalah ini agar kedepannya tidak terjadi hal yang serupa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *