Fakta Tentang Danau Toba – Danau Terbesar Di Asia Tenggara

Fakta Tentang Danau Toba - Danau Terbesar Di Asia Tenggara

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Sumatera Utara. Danau ini juga masuk sebagai salah satu danau terbesar di dunia. Di Asia Tenggara sendiri, belum ada danau yang luasnya melebihi Danau Toba. Lalu apakah kalian sudah tahu tentang fakta Danau Toba ? Jika belum, yuk baca artikel ini hingga tuntas !

Gunung Toba sudah pernah meletus sebanyak tiga kali, dimana letusan pertama terjadi sekitar 800.000 tahun silam. Letusan ini akhirnya menciptakan kaldera sisi selatan gunung yang meliputi Prapat dan juga Porsea. Untuk letusan kedua, kekuatan letusannya jauh lebih kecil ketimbang letusan pertama dan terjadi sekitar 500.000 tahun silam. Berkat letusan ini, terciptalah Silalahi dengan Haranggaol. Untuk letusan ketiga terjadi sekitar 74.000 tahun lalu dan menciptakan Danau Toba dengan sebuah pulau ditengahnya ( Pulau Samosir ).

Danau Toba bahkan menduduki peringkat pertama di Twitter, melebihi danau terluas di dunia lainnya. Danau Toba juga menjadi destinasi wisata yang paling terkenal dan disenangi oleh wisatawan asing maupun mancanegara.

Pulau Samosir yang terletak di tengah-tengah Danau Toba memiliki dua danau yang indah didalamnya, yakni Danau Sidihoni dan juga Danau Aek Natonang. Selain itu ada ikan otentik dari danau ini, yakni ikan batak ( Neolissochillus Thienemanni ). Ikan ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi dan bernilai tinggi.

Itu dia beberapa fakta unik dan menarik tentang Danau Toba. Melihat antusiasme wisatawan asing untuk berkunjung ke danau ini, sudah sepantasnya kita sebagai masyarakat Indonesia turut melestarikan dan menjaga agar danau ini tidak rusak dimakan jaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *